Rabu, 11 April 2012

Planet Mars

Ada yang menarik dari Planet Mars. Bukannya saya pernah kesana, tapi pengakuan ini diungkapkan oleh salah seorang warga Italia bernama Matteo Ianneo mengklaim melihat gundukan tanah menyerupai wajah Mahatma Gandhi di permukaan planet Mars. Pahatan wajah itu ditemukan ketika ia sedang mengamati Planet Merah itu menggunakan Google Mars.


google earth mars

Google Mars merupakan salah satu layanan pemetaan online milik Google yang menampilkan foto-foto satelit pada planet Mars. Dengan memanfaatkan Google Mars, para pecinta ruang angkasa atau penggila astronomi dari seluruh dunia menemukan berbagai obyek menarik di permukaan planet itu.

Beberapa pekan terakhir Ianneo juga mengklaim menemukan beberapa tumbuh-tumbuhan dan akses menuju terowongan bawah tanah serta reruntuhan kota di Planet Mars di koordinat 33°12'29.82"N and 12°55'51.21"W. Dan ini merupakan yang terakhir ia mengaku melihat wajah guru spiritual India Mahatma Gandhi di permukaan planet Mars.

penjelasan wajah mahatma gandhi di planet mars

Kawasan ditemukannya pahatan mirip Mahatma Gandhi pernah dipotret oleh satelit Viking 1 milik NASA pada tahun 1976. Dan dalam sebuah gambar beresolusi rendah, ditemukan bentuk yang menyerupai wajah manusia.

Untuk membuktikan apa yang dilihat oleh Ianneo, seorang peneliti yang memiliki dan mengoperasikan database foto-foto Mars serupa dengan yang dimiliki Google, berusaha melacak foto yang dipakai Google untuk menggambarkan kawasan yang sempat membuat heboh dan tenar dikalangan penggila astronomi.

foto wajah mahatma gandhi di planet mars resolusi tinggi


Jika lebih diteliti dan gambar lebih diperbesar atau dengan resolusi yang lebih tinggi, kita bisa melihat bahwa kontur itu merupakan lubang, atau semacam terowongan runtuh, bukan bukit atau pahatan seperti yang tampak pada gambar di Google Mars.



Hhmm.. Ternyata hanya sebuah aksi pengklaiman dengan bukti yang tidak cukup akurat. Makanya sebelum kita mengklaim sesuatu yang kita juga belum tau kebenarannya dan asal-usulnya, ada baiknya terlebih dahulu kita mengumpulkan bukti atau bertanya kepada ahlinya. Biar gak dikatain "ASMUNI" yang artinya Asal Muni (dalam bahasa jawa) atau asal bunyi (lebih tepatnya biang gosip). Sedikit nyinggung negara tetangga sih sebenarnya. :D

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger